Jumat, 05 November 2010

Dumai


Kota menarik tempat saya dibesarkan , banyak kisah tersendiri didalamnya, ada yang senang ^^ ada yang suram =_=.
Kali ini saya ingin bercerita salah satu keunikan kota dumai yang saya rasa tidak banyak ditemukan di kota-kota lain di Indonesia.
Di malam idul fitri,setelah shaum ramadhan yang terakhir dilepas ( T_T), di kota Dumai tercinta insyallah setiap tahunnya selalu dilakukan takbir keliling. Hehe mungkin takbir keliling emag udah biasa dilakukan di banyak kota di Indonesia,hanya saja takbir keliling di Dumai ini mempunyai warna yang berbeda tersendiri.
Di Dumai terdapat salah satu BUMN yaitu pertamina, nah setiap malam takbiran seluruh bagian dari PERTAMINA refinery unit II selalu mengadakan takbir keliling dengan menggunakan kendaraan hias yang luar biasa. Beragam kreatifitas dikeluarkan, semangat totalitas digemparkan kebumi. Ada yang menghias mobil dinas dengan hiasan mesjid seperti gambar diatas ^^, ada juga yang menghias mobil dengan seadanya yaitu sekedar mobil + sedikit hiasan+ gendang buat modal menyemangati malam takbiran ...DENG..TEDENG..DENG..TEDEDENG...DENG...TEDEDENG...TEDEDENG... suara gendang takbir dikumandangkan ...kelap kelip mobil hias mengiasi jalan-jalan di kota dumai... kelap-kelip mobil dan motor mengikuti sambil menikmati suasana malam takbiran...
Allahuakbar...allahuakbar...allahuakbar...lailahaillallahu...
Malam takbir di dumai emang berbeda...dimana semarak dan semangatnya disalurkan dalam kreativitas yang bergama dan semoga dimakna... dimana mobil dinaspun dikorbankan dan disulap bahkan ada yang menjadi kapal ( hiasan supergede, sehingga seluruh bagian mobil menjadi lancang kuning yaitu, kapal khas suku melayu)
Ketika mengingat kota Dumai...mungkin aku akan teringat takbiran keliling pake mobil dengan berbagai hiasan semarak dari mesjid, kapal,gendang bahkan sekedar speaker doang...
Allahuakbar... takbir berkumandang !!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar