Jumat, 08 Mei 2009

sebuah tulisan untuk perenungan diri

seorang anak manusia, berjalan menyusuri jalan-jalan dengan semangatnya yang tersisa dan perlahan-lahan habis digerogoti lelahnya badan yang menerpa. Lelah, ngantuk, lapar, adalah rasa yang sering ditepisnya demi menggapai nilai-nilai yang telah dia tetapkan sebelumnya, nilai-nilai yang mungkin tidak begitu bermakna di mata orang banyak, tapi bernilai besar dimatanya...Nilai-nilai yang selalu dipandang dengan makana yang berbeda. Pencarian makna, ya, itulah yang sedang dilakukannya didalam kehidupan dunianya. Pencarian intensive, dimulai sejak ia memasuki apa yang disebut "suatu tingkat lanjut pendidikan". Pada awal pencariannya ia pernah mendengarkan kalau kehiduu pan dunia yang "nyata" adalah sesuatu yang sangat keras, kejam dan terkadang melampaui batas. Tetapi, ia selalu memandang dari sudut yang berbeda, dimana ia memandang dunia itu lembut kalau kita mau mengerasakan diri terlebih dahulu, dunia itu baik ketika kita selalu berpikiran positif, dunia itu 'terbatas' ketika kita mau untuk mengenal batas-batasnya. Ya.. itulah makna sementara yang ditemukannya..
dia selalu memandang ke langit... seolah-olah ada sesuatu yang besar disana... sangat besar...
detik...menit...jam..hari pun berlalu. Dalam pencarian 'gambar' kearah langit, ia selalu merasakan betapa mahasuci-Nya ALLAH SWT yang telah menciptakan langit dan seluruh alam. Begitu banyak bintang yang berkelip riang yang dengan setia menemani sang malam dan rela berkorban demi penerangan manusia, yang hanya dengan melihat kelipan sang bintang... terkadang ia merasakan adanya ketentraman didalamnya.
lalu ia mulai berpikir... ad sesuatu yang lebih di balik ini... ya.. mungkin, sebuah pikiran tidak nyambung,,, entah bagaimana, ia berpikir :
" Akhirat itu adalah tujuan sebenar-benarnya tujuan, Waktu itu adalah wahana, Islam itu adalah jalannya, Dunia itu adalah rintangannya"

ya... ketika kita dapat menggunakan waktu dengan mengkombinasikan semuanya serta mau dan rela berusaha dan berkorban dalam menapaki jalan menuju tujuan yang nyata, maka insyaAllah, kita bisa mencapai sesuatu yang sangat BESAR !!
sesuatu yang besar, yang bahkan dapat tidak terlihat ketika hati kita menjadi usang karena dosa....

1 komentar: