Kamis, 17 Juni 2010

Proporsi menilai sebuah proses

bismillah...
hari ini...alhamdulillah seusai shalat ashar...
sepeti biasa.. saya berjalan kembali menuju kosan melewati lapangan bola yang emang deket masjid..
ketika saya melewati lapangan bola itu...terlihat lapangan bola itu penuh dengan orang2 yang dengan sangat antusias untuk mempelajari sambil menikmati bagaimana bermain sepak bola itu...
dsisi sampingnya.,.. ada orang tua yang sedang menunggu, ada orang yang sedang duduk sambil merokok untuk sekedar menikmati latihan dan permainan dari orang-orang yang sedang bermain bola...
tiba-tiba saja saya berpikir , " wah , luar biasa ya semnagat mereka bermain bola"...
ketika berakhir dikata "bola"...
saya jadi teringat dulu pas saya smp dan sma... dimana mungkin saya tidak terlalu menyukai permainan bola -_-...
simplenya sih..dulu saya g begitu suka bola karena emang saya g bisa...
yang saya kagum dari suasana di jatinangor ini adalah, bahkan dari SD-pun mereka sudah diajari bagaimana bermain bola yang bener , bagaimana cara menyepak dlll..
dan jujur aja,..saya g pernah mendapatkan pelajaran begituan ketika saya SD dulu... ketika ada pelajaran olah raga dan giliran olah raga bola kaki...yah,..kami cuma dilepas gitu aja untuk bermain bebas tanpa arah...
g pernah merasakan sisi "pelajaran"nya...

hehe... kayany saya lagi kesel aja -_-
yup...mari kembali ke cerita di jatinangor dimana saya melihat mereka bermain bola dan sisi lapangan ada orang tua dan orang2 yang menonton pelatihan mereka...
saya jadi terpikir satu hal lagi, yakni, pantes aja gelora sepak bola di kota bandung ini begitu gede-nya , dengan tim bola andalan bandung yaitu PERSIB-The Viking...
mungkin...kalo bisa dibilang...permainan tim sepak bolanya Riau, bisa dibilang,,, kayanya kalah kalo lawan persib X)
nah,,, pikir punya pikir...saya kemabli berpikir bahwa,,, "jelas aja kalo persib itu terkenal dan bagus permainannya ( di indonesia lho hehe), karena mereka sepertinya latihannya cukup berat dan memang dilatih banget, yang bisa dibilang, mereka juga kayanya dari SD udah dilatih bola, layaknya anak2 SD yang saya liat sekarang"...
artinya apa kawan-kawan...mereka berproses jauh lebih giat dan susah ...
hanya saja..proses itu jarang di beritakan...kebanyakan yang diberitakan adalah hasilnya doang...
kalo bisa dibilang...
ketika HANYA ngeliat hasil ... ya...palingan kita akan berkata " waw ...keren.,,. hebat,,, subhanallah...mantap gan !!"... ya gitulah...
dan.. apa coba,,,ya kita palingan hanya bisa berkata gitu doang... dan termakan dengan "ke-kerenan"-nya sambil menyengir dan memasang wajah berseri-seri melihat permainan orang yang kita kagumi...
sekedar jadi pelihat,,,
sekedar jadi penonton...

tapi...coba kalau kita mau melirik bagaimana caranya mereka sebelum sampai ke tahap "keren" itu... bisa dibilang kita mungkin sama sekali g tertarik untuk melihat dan mendengarnya...
tapi kawan... kalaulah hati, mata dan pendengaran ini mau untuk meluangkan sedikit saja waktu untuk membaca dan mendengar bagaimana mereka berproses,,,
mungkin kita akan berkata ," wah,.. tegar sekali ya mereka...sangat keras latihannya... tiap sore pulang dengan keringat seember dan rasa capek segudang"
artinya apa kawan... bukankah ketika kita melihat perjuangan mereka,, kita jadi bisa tahu bagaimana ( HOW TO) mereka dalam mencapai "ke-keren-an" yang kita idamkan bersama...
kita bahkan tahu bahwa itu juga bisa kita lakukan kalau kita mau.,..
artinya... mungkin ktika kita telah mengetahui bagaimana mereka berproses dan kita menydari bahwa kita juga bisa melakukannya,,, bukankah itu akan melahirkan sebuah SEMANGAT positiv yang bisa menggerakkan badan dan pikiran ini...
sebuah semangat yang akan melahirkan pejuang baru... ya., yaitu KITA SENDIRI :)

temen2,,, silahkan ambil hikmah dari cerita ini...
ketika kita terlampau menilai lebih dari sebuah hasil... mungkin, kita hanya akan sekedar kagum dan terduduk menjadi penonton...
seperti sekarang di tahun 2010...banyak orang berdercak kagum melihat MESSI, RONALDINHO dkk dalam berlaga di world cup 2010 ^^...
tapi,,hanya sekedar jadi penonton...
tetpi,,, bila kita mau melirik labih jauh , dan menilai proses lebih dalam...
insyaallah itu justru akan menjadi sebuah pemantik api semangat yang luar biasa yang mememrcikan api yang menuliskan " AKU JUGA PASTI BISA SEPERTI DIA, CARA-NYA SUDAH AKU KETAHUI, SAMA2 MANUSIA LAGI"... ya, ketika mau melihat lebih dalam dalam seuah proses... kita akan menjadi semnagt dan ingin menggapai standar "keren" yang ita impikan...
penilaian lebih terhadap sebuah proses...insyaallah itulah yang akan melahirkan PARA AKTOR DAN PELAKU PERUBAHAN !!..

terkhir...saya mungkin akan menuliskan kata-kata dari kang nesta yang sedikit saya modifikasi :), yaitu , " anggap aja dunia dan perputarannya adalah sebuah kereta yang sudah ada yang menentukannya, yaitu Allah SWT, jalan dakwah islam ini.. akan terus berjalan kedepan layaknya kereta itu dan tentunya sesuai dengan jadwal kerta,,, baik itu ada kita atau enggak... kita lah yang menentukan apakah kita mau menjadi penumpang kereta dalam menuju tujuannya, atau kita hanya mau menonton dari luar kereta dan melihat kereta tersebut sampai di tujuannya tanpa kita"

hehe...semoga kata-kata singkat tersebut bisa bermanfaat..sekarang ..

"MAU JADI PELAKU PERUBAHAN ATAU PENONTON PERUBAHAN ??!!"

Tidak ada komentar:

Posting Komentar