Minggu, 09 Mei 2010

Revitalisasi Sistem Pendidikan Indonesia

bismillahirrahmanirrahim...
ilmu , bisa dibilang merupakan hal yang sangat penting bagi manusia untuk menjalani hidup...
bagaimana tidak, tanpa ilmu, kita bisa berbuat apa, tanpa ilmu kita akan melakukan apa, tanpa ilmu kemana kita akan menuju...
ilmu... memang kedudukannya sanagt dihargai diamana saja ia berada...
"jikalau kita memilih ilmu, maka kebahagiaan dan harta serta yang lainnya insyaallah akan mengikut"...

Indonesia, negri tercinta kita ini, tentunya sanagat menghargai kedudukan ilmu...
samapai-sampai dalam pembukaan UUD 1945 ada kata2 yang bertuliskan " mencerdaskan bangsa"... artinya... kita memang harus menuntut ilmu....

Indonesia, negri tercinta kita ini...
sudah sepatutnya kita mensyukuri Negara Indonesia ini, sebuah negara dengan berjuta-juta kekayaan alam yang menyertainya...berjuta keindahan...berjuta nikmat...hanya saja , sedikit disayangkan, rasanya kita sebagai warga negara dan bangsa indonesia rasanya masih sedikit sekali bersyukur akan kekayaan alam kita ini, serta sedikit sekali rasanya kita berniat untuk terus menggali ilmu dalam rangka mengolah sumber daya alam untuk kemajuan bersama dan untuk membuat kita semakin "tunduk" dan bersyukur pada Allah SWT.

saya hanya berpikir, "apa yag salah dengan bangsa ini ??"
mungkin ini hanya hipotesa sederhana dari saya...
sebuah hipotesa dimana saya berpikir " apakah kelemahan kita akan ilmu yang membuat kita seperti kehilangan makna hidup dan kehilangan motivasi untuk terus menggali ilmu ?"

saya ingin mengajukan sebuah solusi sementara sepertinya,
manusia, ya , kita memang sebuah makhluk lemah yang butuh tempat pangkuan dimana pun kita berada, butuh tempat pengaduan dan meminta....
bisa dibilang, "manusia akan berproses, setelah ia terbayang hasil akhir dari sebuah proses tersebut"...
contohnya : saya berniat memasuki Universitas X, maka ketika dari SD sampe SMA saya akan berproses belajar dengan sungguh-sungguh supaya saya bisa memasuki universitas dambaan saya tersebut..

kembali berbicara tentang ilmu," kenapa bangsa ini lemah dalam ilmu ??, seolah-olah kehilangan motivasi dalam mempelajari ilmu ??""

menurut saya, "
Sistem pendidikan yang ada di indonesia memang dari awal tidak memberi tahu untuk apa kita menjalani peroses pembelajaran dalam rangka menuntut ilmu"
kenapa saya berpendapat begitu, ya, coba saja kita ingat kembali ketika kita duduk di bangku sd, smp dan sma...
dari awal kita duduk sampe dengan yah...dihitung...hitunglah kira2 seminggu, paling kita hanya diajarkan untuk saling berkenalan dengan guru dan siswa lainnya...
dan setelah seminggu, yup , langsung masuk dengan belajar " ini bobo, ini ibu...ini baba dst...dst..."
seharusnya yang diajarkan itu adalah alasan mendasar kenapa kita menjalani proses pembelajaran ini !!
selaku manusia, ketika saya melihat dan menghadapi sesuatu yang baru, maka secara logis saya akana bertanya "WHY?" dan isnyaallah, ketika pertanyaan "why?" itu telah terjawab, maka saya akan lebih ingat dan lebih termotivasi untuk selalu mengingatnya...dan itulah sesungguhnya yang menjadi dasar dari MOTIVASI !!!
ya...
""pendidikan bangsa ini dari awal tidak mempunyai jawaban pertanyaan "kenapa" !! ""
sebuah pertanyaan yang saeharusnya dijawab dari awal, karena dengan itulah maka kita akan mengerti alasan terdalam dan terus termotivasi menjalani PROSES DEMI TUJUAN !!

bukan seperti pola pendidikan bangsa sekarang ini yang mengedepankan PROSES pembelajaran tanpa mengetahui apa hasil akhir atau output-nya...
ya ...ini adalah sebuah kesalahan fatal dari awal...
manusia itu memang dari awal harus bisa membayangkan hasil akhir baru menjalankan proses untuk mendapatkan hasil dari tujuan akhir...
bukankah Allah SWT juga menjanjikan SURGA atau NERAKA sebagai kompensasi output akhir sehingga manusia selalu ingat dan termotivasi dalam menjalani proses kehidupan dunia ini...
ya.. "manusia insyaAllah akan berproses kalau sudah dibayangkan hasil/konsekunsi akhir yang dilandasi pengertian yang mendasar"..
jadi...yuk mari kita inisiasi perubahan sistem pendidikan bangsa Indonesia ini dengan memulai dari menjawab pertanyaan " untuk apa kita belajar ? " , yang selanjutnya barulah dilanjutkan dengan proses pembelajaran ^^

untuk bangsa INDONESIA yang lebih baik !! ^^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar