Rabu, 12 Mei 2010

BELAJAR DARI SUNGAI_KESEIMBANGAN ANTARA PEMBELAJARAN DAN PENGABDIAN

bismillahirrahmanirrahim...
belakangan ini saya terpikir satu hal lagi...
ada yang hilang untuk beberapa saat dalam seminggu, dan itu terus terjadi secara rutin...
lantas, hati terus bertanya apakah yang hilang itu ??
hati dan pikiran pun terasa kompak dan seirama untuk terus bekerjasama dalam menggapai penyelesaian sebuah pertanyaan sederhana itu...
detik pun berlalu...
hari ini, mungkin ,saya baru menyadari kembali bahwa...ntah kenapa saya merasa kehilangan kesibukan dalam artian berkurangnya masa pengabdian saya...
sebuah buku menarik, karya Ust.Sallim A Fillah, yang berjudul "GUE NEVER DIE", sebuah buku asik, dimana berusaha membahas secara ringkas sekali apa dan mengapa islam harus kita peluk , serta beberapa hal aplikatif dari kehidupan Rasulullah Saw. dan para sahabat...
dalam sebuah bab, saya teringat akan kata-katanya yang berbunyi :
di wilayah arab , ada dua buah laut yang berdekatan tapi sangat berbeda kondisinya, laut yang pertama, merupakan laut yang airnya bersih, dimana ikan-ikan berenang dengan indah dan nikmatnya dalam pancaran sinar matahari,mereka berenang dengan bebasnya, tentunya makhluk itu insyaallah terus bertasbih kepada-Nya, laut yang kedua, dimana letaknya bersebelahan, dan dekat, tetapi sangat jarang ikan yang dapat berenang disini...seolah-olah, bahkan makhluk indah Allah SWT itupun tak mau dan tak sanggup untuk berenang di laut yang kedua...
lantas, mucullah sebuah pertanyaan , "apakah yang membedakan kedua laut tersebut ?? padahal letaknya dekat"
inilah jawabannya , laut yang pertama, laut yang kita kenal dengan nama laut merah, diaman sungai-sungai yang berasal deari pegunungan dan mengalir kelaut ini terus mengalir,dan laut ini mengalirkan airnya kepada sungai dan laut yang lain, sedangkan Laut yang kedua, laut yang kita kenal dengan nama laut mati, sungai ini juga mendapatkan suply air dari sungai-sungai yang berada digunung, tetapi, ntah kenapa, sedikit sekali laut ini membagi airnya pada sungai dan lautan yang lain, ia lebih banyak menyimpan air yang didapatnya untuk dirinya sendiri...
sederhana bukan...hanya berbeda disebuah kata yang kita kenal dengan nama "BERBAGI"...
berbagi itu berat...tetapi, yakinlah kawan, ketika engkau mengimani bahwa tujuanmu insyaAllah hanyalah Allah SWT, berbagi itu terasa indah kawan,,, saya menyadari ,,, saya memang tak pantas untuk berkata banyak tentang berbagi, karena, sedikit sekali yang seaya lakukan dalam hal berbagi,,, dan kenyataannya adalah saya lebih banyak meminta...

ingin rasanya saya mengambi sebuah hikmah dari kenyataan Alam ini..
kembali kecerita kemahasiswaan... didunia ini... gelora hati terus terjadi,,, dengan suara lantang rasanya ingin memekikkan kebenaran hakiki...yang insyaallah kita berusaha mencari yang terbaik...
dunia kemahasiswaan itu beragam,,, tetapi , kaderisasi adalah sebuah kenyataan dari perjalanan organisasi...
Pelatihan organisasi dan kepemimpinan dan berbagai jenis permasalahn yang berusaha kita berikan , mungkin itulah kaderisasi terbaik yang bisa kita pikirkan saat ini untuk menciptakan generasi yang terus membaik di masa depan tentunya dengan berlandasakan kepada Allah SWT...
saya telah mengalami benyak pelatihan dan mungkin tantangan-tantangan dalam dunia kemahsiswaan...
ya ,,,sebutlah kisah itu kini telah berlalu...
masa2 indah dimana saya belajar bnyak akan sesuatu hal yang baru...
kini...tibalah saatnya saya diberi kepercayaan untuk mengemban beberapa amanah...
dengan itu...konsekuensinya pun harus saya pertimbangkan dengan matang...dimana biat saya untuk bergabung dibeberapa organisasi,,,rasanya sangat saya pertimbangkan yang disesuaikan dengan amanah yang saya emban...
akibatnya...mungkin saya hanya mengambil sedikit hal tahun...mungkin secara nyata..
tetapi secara tanggung jawab saya percaya dan saya alami itu terasa besarr...

walaupun terkadang itu terasa besar...jujur, disaat-saat kosong, contohnya di hari rabu siang, diamana saya sudah tidak ada lagi kegiatan kuliah...
jujur saja, saya sering kebingungan , apa yag harus saya lakukan dalam waktu menjelang jam 4 sore... karena biasanya jam 4 sore ada agenda...
hanya 3 jam kawan... terkadang itu melalaikan...
sebuah himah yang saya pelajari adalah...
banyaknya pelatihan yang saya ikuti beberapa waktu lalu, mungkin membuat saya terbiasa dengan masalah dan mananajemen waktu yang padat...
dan disaat kosong...itu terasa memusingkan...
bukankah artinya itu,, mempelajari sesuatu harus diimbangi dengan berbagi..
kaena, sesuatu yang dipelajari tanpa niat untuk berbagi itu akan usang didalam diri..
berbagilah kawan...berkontribusilah dengan kemampuanmu..jangan sampai...dirimu usang karena dirimu sendiri...dimana engkau enggan untuk berbagi...
belajarlah dari kenyataan laut mati dan laut merah...
seperti kata imam Syafi'i,"aku melihat air menjadi rusak karena diam tertahan, jika mengalir menjadi jernih, jika tidak, akan keruh menggenang"
wallahualam...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar